About Me

My photo
Student of London School Public Relation Jakarta Batch XV

Monday, March 19, 2012

12 tahun Pendidikan yang salah?

Oke hari ini gue bakal berbagi cerita tentang apa yang gue dapet di kampus hari ini.Yap, yang akan gue ceritain tidak lain tidak buan adalah ttg judul di atas.


"12 tahun pendidikan yang kita terima adalah salah besar!"


mengapa demikian?
sebelumnya saya memposting ini hanya untuk sekedar bercerita pengetahuan baru yg saya dapat saat di kampus.


lets start this story~
Mulai dari SD sampai SMA kita dijejali begitu banyak pelajaran bahkan sampai ada beberapa mata pelajaran yang diulang. Namun saat setelah lulus dari bangku sekolah mereka tidak akan bisa memberi jawaban ketika ditanya tentang rumus fisika apa yg digunaan untuk menghitung kecepatan, atau tentang rumus probabilitas. Kenapa begitu?


Sejak SD sampai SMA kita hanya diajari tentang teori suatu pelajaran bukan diajari bagaimana caranya belajar. betul begitu bukan?


Inilah yang disebut salah dari pendidikan yg kita dapat selama 12 tahun, yaitu kita dijejali berbagai macam teori tapi untuk praktek jarang sekali dilakukan. selama 12 tahun itu pula guru menilai kita pintar atau tidak dari final result bukan dari process yang telah murid jalani. 


Bayangkan saja jika selama 3 tahun yang berarti ada 1095 hari, lulus atau tidaknya seorang murid ditentukan hanya dalam 5 hari Ujian Nasional. Bagaimana jika seorang anak yang giat rajin dan selalu aktif di kelas tiba2 mengalami blank spot saat ujian? Apakah dunia bisa dibilang adil jika anak tsb tidak lulus hanya karena 5 hari ujian? bagaimana dengan anak pemalas yang saat ujian akhir mendapat result yg sangat bagus sedangkan selama 1090 hari dr kelas 1-3 dia tidak pernah aktif giat ataupun  rajin. that's kinda blsht


Mengapa banyak anak yang jika ditanya ttg materi tahun lalu/semester lalu banyak yg tidak mereka ingat? malah hampir 100% tidak ada yg melekat sama sekali di otak mereka.


Itu karena metode belajar yg diajarkan selama 12 tahun selalu terpaku dengan text book. 
Terlalu banyak menghafal akan membuat seseorang semakin mudah lupa. That's the point!
Pahamilah suatu materi bukan untuk di hapalkan!


Lalu bagaimana agar belajar lebih efisien dan tidak mudah lupa?


Kalian tahu apa yang dikerjakan anak TK di kelasnya? yap menggambar, menggambar dan menggambar! Mengapa demikian? karena menggambar adalah hal yang menyenangkan. Hampir seluruh hidup manusia diisi dengan sesuatu dalam bentuk visual. Contohnya saja adalah mimpi. tidak mungkin seseorang bermimpi yang isi mimpinya hanya tulisan tanpa gambar. Pasti mimpi seseorang adalah ttg sesuatu dalam bentuk visual. Ini membuktikan bahwa manusia lebih mudah menerima sesuatu dalam bentuk gambar drpd bentuk tulisan why?
because a picture can give a thousand meanings. 


Jadi, kira2 sudah dapat gambaran ttg bagaimana belajar yg menyenangkan? 


 


beginilah kira2! belajarlah dengan menggunakan visual. Ikutilah bagaimana cara anak TK belajar. Mereka akan selalu bahagia ketika pelajaran menggambar di sekolahnya. 


Buatlah belajar menjadi proses yang menyenangkan bukan sekedar mengejar nilai akhir. Pahami yang anda pelajari jangan sekali-kali coba menghafal tanpa memahami karna hanya akan membuat anda semakin mudah terserang blank spot saat ujian.



No comments:

Post a Comment